KeyWord

Jumat, 29 Mei 2009

Penelitian NHT (Numbered Heads Together)

Judul Penelitian:
Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK di SMAN 1 Purwoharjo - Banyuwangi
Bidang Kajian:
1. Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)
2. Keterampilan menggunakan komputer dalam mata pelajaran TIK
3. Aktivitas belajar dan hasil belajar pada bidang komputer dalam mata pelajaran TIK
Rumusan Masalah:
1. Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK?
2. Apakah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan TIK bagi siswa?
Tujuan Penelitian:
1. Untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK.
2. Untuk memaparkan hasil keterampilan siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe NHT digunakan dalam kegiatan pembelajaran TIK.
Manfaat Penelitian:
Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Para guru bidang TIK dapat mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK.
2. Keterampilan dalam bidang TIK bagi siswa yang menjadi subjek penelitian ini mengalami peningkatan yang signifikan.
3. Para guru bidang TIK diharapkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam menyajikan aspek keterampilan komputer.
Materi:
NUMBERED HEADS TOGETHER (KEPALA BERNOMOR)
Langkah-langkah:
1. siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
2. guru memberikan tugas tentang materi TIK dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
3. kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat 4. mengerjakannya atau mengetahui jawabannya.
5. guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
6. tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
7. kesimpulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

newspaper>>>