KeyWord

Kamis, 13 Agustus 2009

Terorisme di Indonesia

"Bom jakarta VS bom Bali"

Jakarta -Deputi Menko Perekonomian Bidang Industri dan Perdagangan Edy Putra Irawady menyatakan terdapat tiga sektor ekonomi utama yang terpengaruh atau kena dampak ledakan bom di Jakarta, beberapa waktu lalu. '' Ada tiga sektor utama yang terkena dampak yaitu investasi, pariwisata, dan perdagangan,'' kata Edy, Jumat (24/7) kemarin. Menurutnya, dampak ledakan bom di Jakarta lebih luas daripada yang terjadi di Bali beberapa tahun lalu. ''Pada waktu di Bali kita fokus ke pariwisata karena itu merupakan pintu masuk. Karena akibat Bali yang sangat tergantung pariwisata, kita fokus benahi pariwisatanya,'' katanya.

Menurutnya, menyusul ledakan bom di Jakarta, pemerintah bersama masyarakat perlu melakukan pemulihan citra atau istilahnya itu pemulihan cedera citra. Melihat pengalaman penanganan di Bali, untuk pemulihan citra diusulkan dana Rp 67 miliar untuk kegiatan ekonomi pariwisata. Namun yang terpakai sekitar 68 persen terdiri atas Rp 34 miliar untuk penguatan keamanan dan Rp 2 miliar untuk lain-lain.

Sementara untuk pemulihan investasi, hal itu berkaitan dengan investor dan importir yang datang ke Indonesia. Mereka datang terikat dengan asuransi dan banyak sekali asuransi mereka yang tidak membolehkan mereka ke sini. ''Ini yang harus kita jelaskan kepada perusahaan asuransi, kita harus cepat tanggap menuntaskan kasus ini dan meningkatkan confidence,'' katanya.


1 komentar:

newspaper>>>