KeyWord

Minggu, 31 Mei 2009

Pemancar & Penerima TV

Blok Diagram Pemancar dan Penerima Tv

A. Pemancar TV
Fungsi – fungsi tiap blok :
Power Supply : mensuplai daya listrik ke semua blok
Microphone : mengubah suara ke listrik
Kamera : mengubah gambar/cahaya ke energi listrik
Penguat Suara : menguatkan sinyal suara dari microphone agar lebih kuat
Osilator Audio : membangkitkan frekuensi tinggi untuk membawa sinyal suara
Mixer Audio : mencampur frekuensi dari penguat sinyal suara dan frekuensi pembawa dari osilator suara
Penguat Gambar : menguatkan sinyal dari kamera agar lebih kuat
Osilator Video : membangkitkan frekuensi tinggi untuk membawa sinyal gambar
Mixer Video : mencampur frekuensi dari penguat sinyal gambar dan frekuensi pembawa dari osilator gambar
Antena : untuk memancarkan atau mengirimkan gelombang elektromagnetik

B. Penerima TV
Fungsi – fungsi tiap blok :
1. Power Supply : mensuplai daya listrik ke semua blok
2. Tuner : untuk menerima sinyal masuk tv dari antenna dan mengubahnya menjadi sinyal frekuensi IF
3. Penguat IF : sebagai penguat sinyal hingga 1.000 kali untuk memperkuat sinyal modulasi 455 KHz dari mixer dan untuk membuang gelombang lain yang tidak dibutuhkan dan meredam interferensi pelayangan gelombang pembawa suara yang mengganggu gambar
4. Penguat RF : memperkuat sinyal RF dari antenna
5. Detektor Video : pendeteksi sinyal video komposit yang keluar dari penguat IF gambar dan melewatkan sinyal informasi dan sinyal RF di ketanahkan
6. Penguat Video : penguat sinyal luminan yang berasal dari detector video sehingga dapat menjalankan layer kaca (CRT), terdapat pula rangkaian ABL (Automatic Brightnees Level) atau pengatur kuat cahaya otomatis untuk melindungi rangkaian tegangan tinggi dari tegangan muatan lebih yang disebabkan oleh kuat cahaya pada layar kaca
7. Rangkaian AGC : untuk mengatur penguatan input secara otomatis. Rangkaian ini akan menstabilkan sendiri input sinyal tv yang berubah – ubah sehingga output yang dihasilkan menjadi konstan
8. Rangkaian Penstabil
Penerima Gelombang
TV : terdiri dari AGC dan AFT, AGC untuk menguatkan sinyal jika sinyal yang diterima lemah dan sebaliknya. AFT untuk mengatur frekuensi pembawa gambar dari penguat IF secara otomatis
9. Defleksi Sinkronisasi : terdiri 4 blok yaitu rangkaian sinkronisasi, rangkaian defleksi vertical, rangkaian defleksi horizontal, dan rangkaian pembangkit tegangan tinggi
10. Penguat Suara : sinyal pembawa IF suara akan di deteksi oleh modulator frekuensi (FM) dan di pisahkan dari sinyal pembawa gambar

Diagram Blog TV

Diagram Blok Penerima TV Hitam Putih


Diagram Blok Penerima TV Berwarna


Diagram Blok Pemancar TV



Rangkaian Radio

Radio deflection

Daftar Komponen:
1. C704=18P 7. C407=1 13. C435=1.6KV/9.1 19. R733=1K 25. R436=100 31. G701=32K 37. L441=JLC4B18UN
2. C705=15P 8. C433=472 14. C438=1.8 20. R400=270 26. R456=22K 32. V705=2SC1815Y 38. T471=BSC25-0000
3. C712=10P 9. C434=35/4.7 15. C231=50NP/1 21. R402=3.3K 27. R438=6W/8.2 33. V431=2SC3283euo 39. XS401=SCN-4Y
4. C405=0.01 10. C441=250V/0.39 16. C403=2K/1000 22. R408=2.2K 28. R441=12SJ/1K 34. T431=JBC184E119 40. XS402=TJC2-5A
5. C404=100 11. C444=160V/4.7 17. R709=890K 23. R409=500 29. R491=2FJ/2.2 35. D447=ER154 41. XP402=TJC2-5Y
6. C406=0.01512. C437=30V/4.7 18. R723=32K 24. R433=680 30. R233=12W/1.2K 36. V4323=2SD2490 42. XP901=SCN-4Y

Mekatronika



Line Tracer Robotic

Robot Line Tracer merupakan robot sederhana yang bertujuan untuk menyusuri jejak (garis) secara otomatis, dimana jejak atau garis tersebut berupa garis yang dibentuk antara warna hitam dan dan putih. Namun walaupun demikian robot ini dapat dikatakan robot yang cukup lumayan cerdas karena Robot Line Tracer ini mampu melakukan penyusuran garis dengan sendirinya. Sebenarnya prinsip dari Line Tracer adalah sangat sederhana sekali dimana kinerja dari robot ini ditentukan oleh piranti elektroniknya yang terdiri dari sensor dan driver. Sensor pada Robot Line Tracer ini tersusun dari empat buah.
Komparator (pembanding tegangan), dimana empat buah komparator ini nantinya dibagi dalam dua bagian yaitu dua buah komparator untuk melakukan sensor pada bagian kanan dari garis serta dua buah komparator lainnya pada bagian kirinya. Dua bagian tadi diibaratkan sebagai mata daripada robot agar tetap berada pada garis perbatasan hitam
dan putih.
Komparator-komparator ini sebenarnya adalah op-amp yang berfungsi sebagai detektor tegangan (pembanding tegangan). Detektor ini menggunakan IC Linier LM324 dimana isi dari chip IC ini terdapat empat buah op-amp dimana tiap komponen ini bekerja dengan sendiri-sendiri (tidak terpengaruh antara satu dan lainnya). Sedangkan pada drivernya digunakan transistor biasa (berdaya rendah) untuk menggerakkan motor DC 6 Volt yang tidak memerlukan konsumsi arus terlalu besar. Transistornya sendiri digunakan tipe BC-1XX yang terkenal kehandalannya pada jangkauan daya rendah.

CARA KERJA
Seperti yang telah dijelaskan secara singkat diatas tadi bahwa Robot Line Tracer ini bekerja dengan prinsip sangat sederhana yaitu menggunakan sensor dan driver sebagai tulang punggung robot ini. Pada bagian sensor, robot ini memiliki dua buah sensor kanan dan kiri. Tiap sensor terdiri dari dua buah komparator yang tiap komparator dipegang satu buah op-amp dimana inputan non-inverting /tidak membalik (dilambangkan dengan tanda + ) dari salah satu op-amp pada tiap sensor (misal sensor kanan) dihubungkan dengan inputan inverting/membalik (dilambangkan dengan tanda - ) lainnya (masih dalam sensor kanan) bagitu juga sebaliknya untuk satu inputan sisa pada masing-masing op-amp tersebut harus terhubung. Hal ini bertujuan agar output dari masing-masing opamp bekerja secara berkebalikan sehingga driver dapat menentukan arah putaran dari motor dengan baik.
Adapun cara kerja dari op-amp ini adalah digunakannya metode open loop dari op-amp itu sendiri sehingga secara ideal penguatan op-amp pada metode open loop (Acl) ini adalah tak terhingga. Penguatan metode ini tergantung dari perbedaan tegangan antara terminal inputan non-inverting dan inputan inverting dari op-amp yang biasa disimbolkan dengan Ed. Sehingga secara matematis didapatkan output tegangan dari op-amp tersebut yaitu Maka jika tegangan pada inputan non-invertingnya lebih besar dari tegangan pada inputan invertingnya maka output dari op-amp tersebut akan menjadi saturasi yang artinya tegangan output dari op-amp itu sendiri tidak dapat melampaui tegangan saturasi yang telah ditetapkan oleh produsen pembuatnya dan tidaklah mungkin suatu op-amp mampu mengeluarkan tegangan output lebih besar dari tegangan suplainya. Tegangan tersebut telah mencukupi untuk menge.drive. basis dari transistor Q2 maupun Q11 agar arus kolektor pada tiap transistor tersebut mencapai saturasi. Untuk lebih lengkapnya lihat gambar dibawah ini.


Keterangan Komponen :
R1 : 15kΩ
R2 : 10kΩ
R3 : 330Ω
VR : 10kΩ
D1 : LED
D2 : PhotoDioda
D3 : Infra Red
Q1,2,4,6,8,10,11 : BC 117
Q3,5,7,9 : BC 107
Rangkaian diatas harus dibuat dua buah. Sedangkan inputan op-amp itu sendiri mengambil tegangan yang berasal dari kaki tengah dari TrimPot (Trim Potensiometer) serta tegangan yang berasal dari titik temu antara katoda dari PhotoDioda dan resistor 10kΩ. Tegangan inputan yang pertama disebut juga tegangan referensi artinya tegangan tetap yang menjadi acuan op-amp untuk memutuskan outputnya saturasi atau nol. Tegangan tersebut dapat dirubah-rubah, menyesuaikan senstifitas/range dari tegangan sensor. Sedangkan tegangan yang kedua disebut juga tegangan sensor, yang mana tegangan ini selalu berubah ubah ketika robot dijalankan karena tegangan ini berasal dari tegangan yang timbul pada katoda PhotoDioda, relatif terhadap ground. Tegangan ini juga merupakan hasil pembagian tegangan antara resistor 10kΩ dengan PhotoDioda. Perubahan tegangan ini sangat ditentukan oleh intensitas cahaya yang diterima oleh PhotoDioda, hasil pantulan cahaya luar yang direfleksikan oleh permukaan yang berwarna hitam dan putih. Jika intensitas dari cahaya tersebut sangat kuat maka resistansi dari PhotoDioda akan mengecil mengakibatkan tegangan sensor tersebut menjadi kecil, begitu pula sebaliknya.
Sedangkan pada drivernya jalannya arus utama untuk menyuplai motor DC dipegang oleh transistor Q3 s/d Q10. Pada rangkaian drivernya terjadi pemaralelan transistor yang bertujuan agar kapasitas arus yang lewat pada transistor tersebut dapat lebih besar sehingga transistor tidak panas (Q3 dengan Q4, Q5 dengan Q6, dlsb).
Arus basis dari transistor ini diatur oleh transistor Q2 dan Q11. Dan juga terdapat dioda(4 dioda) yang berfungsi agar arus balik yang ditimbulkan oleh motor tidak mempengaruhi kinerja dari transistor-transistor tersebut (di hubung singkat).

Sensor

Dedication my heart

31 Mei 2009

Air Mata

Ya alloh aku bersujud kepadamu..aku pengen curhat akan sakit hati ini, kenapa tiap hari saat sendiri dan merasa kesepianaku hatiku sakit..seperti orang ketagihan sesuatu yang berat dan sulit dihilangkanhati rasanya kacau, bingung, ruwet, gak bisa tenang....
hukuman apa yang menimpa pada diriku, kenapa aku seperti iniaku sudah memiliki kekasih yang bisa buat aku senang dan tenangtapi kenapa aku harus terus sakitapa yang kurang...ya robbi beri aku cahaya ketentraman cahaya ketenanganwahai Alloh swt yang selalu beri tuntunan kepada hambanya yang memintaberi hamba ketenangan beri hamba kedamaian hatirasanya aku pengen teriak, marah, lebih baik aku sakit ragaku dari pada hatiku harus sakitaku sangat senang engkau telah memberi hamba seorang wanita yang beriman kepadamuaku sangat berharap bisa menjadi pemimpin yang baik walau hanya dalam keluarga kelakya Alloh aku sangat mencintai orang2 yang begitu menyayangi hamba walau kasih ini tidak melebihikasihku kepadamu,,,,,aku memujimu tiap aku ingat kepadamuberi aku ketenangan bathin biar hamba bisa mengambil keputusan dalam hidupku
beri aku jalanmu yang bisa buat aku keputusan dalam menjalani hidupkudunia ini telah buat hidup tak terasa nyaman...dingin hati telah menjadikan semerbak wangi nan indah menjadi baturasa maaf telah menjadi kebencian yang mendalamhingga sulit mulut akan berkata maaf bagi orang yang memohon maafamarah telah menutupi hati kecil yang mulia yang bisa menuntunorang dalam kebaikan dan keutamaan menuju meraih akan keutamaan illahi
keputusan apa yang engkau berikan hingga diri ini sulit memilih harus kemanakaki akan melangkah sulit berpikir mana yang terbaik buat dirisaat pikiran terpikirkan rasa ego akankah bisa dihapus dengan kasih dan cintaperjuangan apa yang harus dijalani agar bisa meraih kemenangan sejati dalam hatihingga kita bisa memiliki dan mengetahui jati diri yang sejati
hamba telah memiliki wanita yang sangat dicari oleh lelaki yang mengerti akan perasaan dan bisa menghargai aku begitu bangga telah dikaruniai yang nantinya bisa menjadi jodohku sampai nyawa ini engkau ambil kembalimoga bisa memberi keadilan dan kesejahteraan kepada orang wanita yang begitu sayang kepadakusemoga kekasih yang aku tinggal yang pernah singgah dalam hatiku bisa mendapatkan lebih dari yang dulu aku kasih
hanya waktu yang bisa mengerti betapa berat berpisah maka aku tidak akan berpisah lagi dengan kekasih yang buat aku tenang, damai, karena begitu sakitnya perpisahan hingga buat hati kita menjadi kacau dan tak berarahdia sangat aku harapkan bisa menjadi hal terakhir atas pencarian hati ini...itulah yang aku inginkan karena rasa sakit akan pisah sangat sulit dipadamkan..
aku sangat sayang kepadanya walau tak melebihi sayang ku kepada mu agamaku imanku ihsanku...aku berharap gak akan sakiti wanita yang sayang kepadakuaku mencoba buat hidup dia nyaman dan damaiaku berusaha hingga aku tak mampu berusahaaku dan kebahagiaanku untuk dirinya dan orang yang aku hormati dan aku sayang
semoga air mata ini tak lagi menetes semoga hati sedih tak lagi terbukasemoga rasa sakit tak lagi terluka

Dedication my heart

31 Mei 2009


Air Mata


Ya alloh aku bersujud kepadamu..aku pengen curhat akan sakit hati ini, kenapa tiap hari saat sendiri dan merasa kesepianaku hatiku sakit..seperti orang ketagihan sesuatu yang berat dan sulit dihilangkanhati rasanya kacau, bingung, ruwet, gak bisa tenang....
hukuman apa yang menimpa pada diriku, kenapa aku seperti iniaku sudah memiliki kekasih yang bisa buat aku senang dan tenangtapi kenapa aku harus terus sakitapa yang kurang...ya robbi beri aku cahaya ketentraman cahaya ketenanganwahai Alloh swt yang selalu beri tuntunan kepada hambanya yang memintaberi hamba ketenangan beri hamba kedamaian hatirasanya aku pengen teriak, marah, lebih baik aku sakit ragaku dari pada hatiku harus sakitaku sangat senang engkau telah memberi hamba seorang wanita yang beriman kepadamuaku sangat berharap bisa menjadi pemimpin yang baik walau hanya dalam keluarga kelakya Alloh aku sangat mencintai orang2 yang begitu menyayangi hamba walau kasih ini tidak melebihikasihku kepadamu,,,,,aku memujimu tiap aku ingat kepadamuberi aku ketenangan bathin biar hamba bisa mengambil keputusan dalam hidupku
beri aku jalanmu yang bisa buat aku keputusan dalam menjalani hidupkudunia ini telah buat hidup tak terasa nyaman...dingin hati telah menjadikan semerbak wangi nan indah menjadi baturasa maaf telah menjadi kebencian yang mendalamhingga sulit mulut akan berkata maaf bagi orang yang memohon maafamarah telah menutupi hati kecil yang mulia yang bisa menuntunorang dalam kebaikan dan keutamaan menuju meraih akan keutamaan illahi
keputusan apa yang engkau berikan hingga diri ini sulit memilih harus kemanakaki akan melangkah sulit berpikir mana yang terbaik buat dirisaat pikiran terpikirkan rasa ego akankah bisa dihapus dengan kasih dan cintaperjuangan apa yang harus dijalani agar bisa meraih kemenangan sejati dalam hatihingga kita bisa memiliki dan mengetahui jati diri yang sejati
hamba telah memiliki wanita yang sangat dicari oleh lelaki yang mengerti akan perasaan dan bisa menghargai aku begitu bangga telah dikaruniai yang nantinya bisa menjadi jodohku sampai nyawa ini engkau ambil kembalimoga bisa memberi keadilan dan kesejahteraan kepada orang wanita yang begitu sayang kepadakusemoga kekasih yang aku tinggal yang pernah singgah dalam hatiku bisa mendapatkan lebih dari yang dulu aku kasih
hanya waktu yang bisa mengerti betapa berat berpisah maka aku tidak akan berpisah lagi dengan kekasih yang buat aku tenang, damai, karena begitu sakitnya perpisahan hingga buat hati kita menjadi kacau dan tak berarahdia sangat aku harapkan bisa menjadi hal terakhir atas pencarian hati ini...itulah yang aku inginkan karena rasa sakit akan pisah sangat sulit dipadamkan..
aku sangat sayang kepadanya walau tak melebihi sayang ku kepada mu agamaku imanku ihsanku...aku berharap gak akan sakiti wanita yang sayang kepadakuaku mencoba buat hidup dia nyaman dan damaiaku berusaha hingga aku tak mampu berusahaaku dan kebahagiaanku untuk dirinya dan orang yang aku hormati dan aku sayang
semoga air mata ini tak lagi menetes semoga hati sedih tak lagi terbukasemoga rasa sakit tak lagi terluka

Sabtu, 30 Mei 2009

Kamus.java

Program KAMUS.JAVA

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;
import java.io.*;
public class Kamus extends JFrame implements ActionListener {
JTextField txtIng = new JTextField(100);
JTextField txtInd = new JTextField(100);
JLabel lblIng = new JLabel("Inggris");
JLabel lblInd = new JLabel("Indonesia");
JButton btnTerjemah = new JButton("Terjemah");
public static void main(String[] args){
Kamus theApp = new Kamus();
}
public Kamus(){
JPanel panel = new JPanel();
panel.setLayout(new GridLayout(2,2));
panel.add(lblIng);
panel.add(txtIng);
panel.add(lblInd);
panel.add(txtInd);
txtInd.setEditable(false);
add(panel,BorderLayout.NORTH);
add(btnTerjemah,BorderLayout.SOUTH);
btnTerjemah.addActionListener(this);
setBounds(0,0,300,100);
setVisible(true);
}
public void actionPerformed(ActionEvent e){
try{
FileReader fr = new FileReader("Kamus.txt");
BufferedReader br = new BufferedReader(fr);
boolean ketemu = false;
String temp = null;
temp = br.readLine();
while(temp!=null){
int index = temp.indexOf("$");
String ing = temp.substring(0,index);
String ind = temp.substring(index+1);
if(ing.toLowerCase().equals(txtIng.getText().toLowerCase())){
ketemu = true;
txtInd.setText(ind);
}
temp = br.readLine();
}
if(ketemu==false){
JOptionPane.showMessageDialog(this,"Tidak ketemu");
}
}catch(Exception ex){
System.out.println(ex.getMessage());
}
}
}
>> Data Base dibawah ini (wajib di ketik pakek notepad enk)
cat$kucing
dog$anjing
elephant$gajah
tiger$harimau
giraffe$jerapah
apple$apel
purple$ungu
flower$bunga
black$hitam
red$merah
love$cinta
honey$madu
perfect$sempurna
PENTING:baca ini sebelum mencoba
>>masukkan data sesuai data base anda??????
>>isi data base bisa anda tambah sesuai kreasi anda
>>anda sukses run berarti anda beruntung...good luck

Program C++

MENCARI HARI KELAHIRAN
Program Listening:

#include
#include
#include
main()
{
int d,m,y,year,month,day,i,n;
printf("Masukkan!!!\n");
printf("Khusus untuk anda yang lahir di bawah tahun 2000\n");
printf("Berapa kali anda ingin mencari data kelahiran??? :");
scanf("%d",&n);
for(i=1;i<=n;i++)
{
printf("Masukkan tanggal bulan dan tahun secara urut (misal 24 11 1989):");
scanf("%d%d%d",&d,&m,&y);
if( d>31 m>12 (y<1900>=2000) )
{
printf("Data yang anda cari error blaz!!\n");
printf("Ingat!!!hanya untuk tahun 2000 ke bawah");
getch();
exit(0);
}
year = y-1900;
year = year/4;
year = year+y-1900;
switch(m)
{
case 1:
case 10:
month = 1;
break;
case 2:
case 3:
case 11:
month = 4;
break;
case 7:
case 4:
month = 0;
break;
case 5:
month = 2;
break;
case 6:
month = 5;
break;
case 8:
month = 3;
break;
case 9:
case 12:
month = 6;
break;
}
year = year+month;
year = year+d;
day = year%7;
switch(day)
{
case 0:
printf("Hari kelahiran anda adalah SABTU\n");
break;
case 1:
printf("Hari kelahiran anda adalah MINGGU\n");
break;
case 2:
printf("Hari kelahiran anda adalah SENIN\n");
break;
case 3:
printf("Hari kelahiran anda adalah SELASA\n");
break;
case 4:
printf("Hari kelahiran anda adalah RABU\n");
break;
case 5:
printf("Hari kelahiran anda adalah KAMIS\n");
break;
case 6:
printf("Hari kelahiran anda adalah JUM'AT\n");
break;
}
}
getch();
return 0;
}
Output:
Coba anda compile????dadaadadadadada jadi dech

Calculator (C++)

SIMPLE CALCULATOR

Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Di bawah ini adalah contoh dari program sederhana pengaplikasian c++ untuk kalkulator.
Semakin banyak program pengoperasian yang diinginkan maka algoritma dari pemrogramanpun akan semakin sulit.
Program Listening
INPUT
#include
#include
main()
{
int x,y,ans;
int pilih;
float div;
char loop;
ans=0;
printf("\n Created by: NOVI KHASSIFA \n");
printf("\ OFFERING A\n");
do
{
printf("\n Apakah anda ingin melanjutkan??? (Y/N) : ");
scanf("%s",&loop);
if (loop=='y' loop=='Y')
{
printf("\n Masukkan dua bilangan yang ingin anda operasikan ");
printf("\n --------------------------------------------- ");
printf("\n\n Masukkan angka pertama : ");
scanf("%d",&x);
printf("\n Masukkan angka ke-dua : ");
scanf("%d",&y);
printf("\n Pilih pengoperasian mana yang akan anda inginkan ");
printf("\n ------------------------------------------------ ");
printf("\n 1. Penjumlahan ");
printf("\n 2. Pengurangan ");
printf("\n 3. Perkalian ");
printf("\n 4. Pembagian ");
printf("\n Tentukan pilihan anda : ");
scanf("%d",&pilih);
switch(pilih)
{
case 1 :
{
ans = x+y;
printf("\n Answer = %d",ans);
break;
}
case 2 :
{
ans = x-y;
printf("\n Answer = %d", ans);
break;
}
case 3 :
{
ans = x*y;
printf("\n Answer = %d", ans);
break;
}
case 4:
{
div = x/y;
printf("\n Answer = %.2f", div);
break;
}
default:
printf("\n\n Maaf pilihan yang anda masukkan salah......");
break;
}
}
else
printf("\n Terima kasih atas perhatian yang anda berikan");
}while(loop=='y' loop=='Y');
}
Output Program
Anda coba aja?????good luck

Teknik Merujuk

Teknik Merujuk dalam Penulisan Karya Ilmiah, TA, Skripsi :

Cara Merujuk:
Perujukan dilakukan dg menggunakan nama akhir dan tahun diantara tanda kurung
Jika ada 2 penulis, perujukan dg menyebut nama akhir ke 2 penulis tsb
Jika penulis lebih dr 2 orang, hanya ditulis nama I tsb diikuti dkk
Jika nama penulis tdk disebutkan yg dicantumkan nama lembaga yg menerbitkan, nama dokumen atau koran
Utk terjemahan, rujukan dilakukakan dg menyebut penulis aslinya
Kutipan kurang dr 40 kata:
Ditulis diantara tanda kutip (“…..”) sebagai bagian terpadu dlm teks, dan diikuti nam apenulis, tahun dan nomor halaman
Contoh
Ahmad (1999:123) meyimpulkan “ada hubungan yang erat antara faktor sosial dg kemajuan belajar”
Nama penulis dsb bersama dg tahun penerbitan dan
nomor halaman
Contoh:
Kesimpulan dari pengujian tersebut adalah ”ada hubungan yang erat antara faktor sosial ekonomi dengan kemajuan belajar” (Soebronto, 1990:123)
Jika ada tanda kutip (‘….’)
Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah “terdapat kecenderungan semakin banyak ‘campur tangan’ pemimpin perusahaan semakin banyak tingkat partisipasi karyawan di daerah perkotaan” (Soewignyo, 1999:101).
Kutipan 40 Kata atau Lebih
Kutipan 40 kata atau lebih ditulis tanpa tanda kutip secara terpisah dari teks yang mendahului, ditulis 1,2 cm dari garis tepi sebelah kiri dan kanan, diketik spasi tunggal, dan no hal juga harus ditulis.
Contoh:
Smit (2000:145) menarik kesimpulan sebagai berikut:
Transistor adalah komponen yang berfungsi
sebagai penguat dan sebagai saklar.….....dst.
Kutipan yang sebagian dihilangkan:
Jika dlm kutipan ada Kata-kata yang dibuang dlm kutipan , maka kata-kata tsb diganti tiga titik
Contoh:
“semua pihak yang terlibat dlm pendidikan di sekolah … diharapkan sudah melaksanakan kurikulum baru” (manan, 1995:278)
Merujuk Kutipan Tidak Langsung
Kutipan yg dirujuk tidak langsung atau menggunakan bahasa penulis ditulis tanpa tanda kutip dan terpadu dalam teks.
Nama penulis bahan kutipan dapat disebut terpadu dlm teks, atau disebut dlm kurung dengan tahunnya.
Contoh:
Salimin (1990:13) tidak mendga bahwa mahasiswa tahun ketiga lebih baik daripada mahasiswa tahun keempat.
Atau
Mahasiswa tahun ketiga ternyata lebih baik daripada mahasiswa tahun keempat (Salimin, 1990:13)

CARA MENULIS DAFTAR RUJUKAN :
Daftar rujukan merupakan daftar yang berisi buku, makalah, artikel, atau bahan lainnya yg dikutip baik secara langsung maupun tidak langsung.
Bahan yg dikutip langsung/tidak langsung harus ditulis dlm Daftar Rujukan
Unsur yang ditulis dalam daftar rujukan :
Nama penulis dg urutan, nama akhir, nama awal, dan nama tengah, tanpa gelar akademik
Tahun penerbitan
Judul, termasuk anak judul
Kota tempat penerbitan
Nama penerbit
Rujukan dari Buku
Tahun penerbitan ditulis setelah nama penulis, diakhiri dg titik. Judul buku ditulis dg huruf miring. Tempat penerbit dan nama penerbit dipisah dg titik dua.
Contoh
Dekker, N. 1992. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa:
dari Pilihan Satu-satunya ke Satu-satunya
Azas. Malang: FPIPS IKIP Malang.
Cornet, L. & Weeks, K. 1985a. Career Ladder Plans:
Trends and Emerging Issues-1985. Atalanta,
GA: Career Ladder Clearing
Cornet, L. & Weeks, K. 1985b. Career Ladder Plans:
Trends and Emerging Issues-1985. Atalanta,
GA: Career Ladder Clearing
Rujukan dari buku kumpulan artikel
Seperti nulis rujukan buku, ditambah tulisan (Ed.) untuk satu editor dan (Eds.) jika editornya lebih dari satu
Contoh
Aminuddin (Ed.) 1990. Pengembangan Penelitian
Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra.
Malang: HISKI Komisariat Malang dan YA3.
Rujukan dari Artikel dalam Kumpulan Artikel
Hassan, M.Z. 1990. Karakteristik Penelitian Kualitatif.
Dalam Aminudin (Ed.), Pengembangan Penelitian
Kualitatif dalam bidang Bahasa dan Sastra (Hlm.
12-25). Malang: Hiski Komisariat Malang dan YA3.
Rujukan dari Artikel dalam Jurnal
Krashen, S., Long, M. & Scarcella, R. 1989. Age, rate and Eventual Attainment in Second language
Acquisition. TESOL Quarterly, 13:573-82 (CD-ROM:
TESOL Quarterly-Digital, 1997).
Rujukan dari Artikel dlm Majalah atau Koran
Huda, M. 13 Nopember, 1991. Menyiasati Krisis Listrik
Musim Kering. Jawa Pos, hlm. 6.
Rujukan dari Koran tanpa Penulis
Jawa Pos. 22 April, 1995. wanita Kelas Bawah lebih
Mandiri, hlm. 3.
Rujukan Berupa Karya Terjemahan
Ary, D., Jacobs, L.C. & Razavieh, A. Tanpa Tahun.
Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh
Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.
Rujukan Berupa Skripsi, Tesis, atau
Disertasi, TA
Pangaribuan, T. 1992. Perkembangan Kompetensi
Kewacanaan Pembelajar Bahasa Inggris di LPTK.
Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program
Pascasarjana UM Malang.
Rujukan dari Internet Berupa Artikel dari Jurnal
Kumaidi. 1998. Pengukuran Bekal Awal Belajar dan
Pengembangan Tesnya. Jurnal Ilmu Pendidikan,
(Online), Jilid 5, No. 4, (http://www. Malang.ac.id,
diakses 20 Januari 2000)
Rujukan dari Internet berupa Karya Individual
Hitchcock, S., Carr, L. & Hall, W. 1996. A survey of STM
online Journals, 1990-95: The Calm before the Storm,
(Online), (http://journal.ecs.soton.ac.uk/survey.html,
diakses 12 Juni 1996)
Rujukan dari Internet Berupa Bahan Diskusi
Wilson, D. 20 Nopember 1995. Summary of Citing
Internets Sites. NETTRAIN Discusion List, (Online),
(NetTTRAIN@ubvm.cc.buffalo.edu, diakses 22
Nopember 1995).
Rujukan dari Internet Berupa E-mail Pribadi
Naga, dali S. (ikip-jkt@indo.net.id). 1 Oktober 1997. Artikel untuk JIP. E-mail kepada Ali Saukah (Jippsi@mlg.ywcn.or.id).

Teknik Penelitian


Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Tugas Akhir, Skripsi

Perbedaan TA, Skripsi, Tesis, dan Desertasi :
>Aspek kuantitaif
Disertasi lebih berbobot dibanding tesis, tesis lebih berbobot dari skripsi, dan skripsi lebih berbobot dari TA
Ketentuan di atas utk karya ilmiah yg sejenis/sama.
>Aspek kualitatif
Aspek permasalahan (segi sumbangan bagi ilmu penget, dan identifikasi masalah atau sumber kajian)
>Aspek kajian pustaka:
Skripsi hanya menjelaskan keterkaitan atr penelitian satu dg lainnya
Tesis menjelaskan keterkaitan atr penelitian satu dg lainnya dan persamaan dan perbedaannya.
Disertasi, identifikasi posisi dan peranan penelitian, pendapat pribadi, kepustakaan dr disiplin ilmu lain yg dpt menyumbang thd penelitiannya, memaparkan hasilnya dlm kerangka berpikir yg konseptual
TA lebih pada unsur perancangan, perakitan, pengujian & laporan
>Aspek Metodologi Penelitian
TA, penekanan pada perancangan, perakitan dan pengujian, serta pelaporan
Skripsi, dituntut apakah ada upaya utk memperoleh data secara akurat dg menggunakan instrumen yg valid
Tesis/tesis, perlu tambahan bukti-bukti yg dpt dijadikan pegangan
>Aspek Hasil Penelitian
TA, lebih pada pengukuran rangkaian
Tesis, hasil hrs didukung oleh data yg diperoleh dr penel
Tesis/disertasi, kecuali hasil hrs didukung oleh data yg diperoleh dr penel, juga hrs dibandingkan dg penelitian lain yg sejenis
>Aspek Kemandirian
Disertasi lebih mandiri dibanding tesis, skripsi dan TA.
Disertasi kira-kira 90% karya mhs, 10% berkat bimbingan, banruan dan arahan pembimbing
TA, kira-kira 40% karya mhs, 60% berkat bimbingan, banruan dan arahan pembimbing

Teknik Penulisan Proposal Tugas Akhir (TA) :
>>Judul,
Cerminan dg tepat masalah yg dibahas
Mengandung unsur utama masalah, jelas, dan mempunyai daya tarik
Provokatif (merangsang pembaca)
>>Latar Belakang Masalah, berisi:
Adanya kesenjangan antara harapan dan kenyataan
Paparkan secara ringkas teori, hasil-hasil penelitian/TA , hasil seminar dan diskusi (jika ada), pengalaman pribadi
Dg demikian masalah di TA/penelt ada landasan berpijak
Biasanya tujuan juga dikemukakan walau secara umum
>>Rumusan Masalah
Adalah upaya utk menyatakan secara tersurat pertanyaan-pertanyaan yg akan dicari jawabannya
Disusun secara singkat, padat, jelas dan dituangkan dlm bentuk kalimat tanya
Rumusan masalah yg baik menampakkan variabel, jenis atau sifat hubungan atr variabel
Dapat diuji atau diukur
>>Tujuan TA
Mengungkapkan sasaran yg ingin dicapai dlm TA/pen
Rumusan dituangkan dlm bentuk kalimat pernyataan
Subtansi mengikuti rumusan masalah
>>Manfaat Penelitian
Manfaat bagi mahasiswa
Manfaat bagi jurusan/lembaga
Manfaat bagi masyarakat pengguna/stakeholder
>>Asumsi TA
Adalah anggapan dasar ttg suatu hal yg dijadikan pijakan berpikir dan bertindak dlm melakukan TA/pen
Misal asumsi ttg sikap seseorang yg dpt diukur dg skala sikap, atau semua tr 2SB178 mempunyai penguatan yg sama
>>Ruang Lingkup dan Keterbatasan TA/Pen
>Ruang lingkup
Ruang lingkup adalah variabel-variabel pada TA atau yg diteliti, objek TA/pen atau populasi dan lokasi TA/pen.
Dalam ruang lingkup dapat dipaparka penjabaran variabel menjadi subvariabel dan indikatornya
>Keterbatasan TA/Pen
Menunjuk suatu keadaan yg tdk bisa dihindari
Ada dua hal, yaitu keterbatasan ruang lingkup kajian krn alasan-alasan prosedur, teknik TA/pen, atau faktor logistik
Keterbatasan yg bersumber dr adat, tradisi, etika dan kepercayaan.
>>Difinisi Istilah/Operasional
Diperlukan jika diperkirakan akan timbul perbedaan pengertian atau kekurangjelasan makna
Istilah yg perlu dijelaskan adalah istilah-istilah pokok yg ada dlm TA
Istilah pokok yaitu jika istilah tsb terkait dg masalah atau variabel yg diteliti
Difinisi istilah disampaikan secara langsung (tanpa sumber)
Difinisi istilah dpt berbentuk difinisi operasional variabel
Difinisi operasional adalah difinisi yg didasarkan atas sifat-sifat hal yg didefinisikan yg dapat diamati
Difinisi operasional menunjuk ke alat pengambilan data yg cocok digunakan
>>Kajian Pustaka
Dalam keg ilmiah, dugaan/jawaban sementara thd masalah hrslah menggunakan penget ilmiah
Kaji teori-teori atau hasil penelt yang relevan dg masalah yg diteliti
Kajian pustaka memuat dua hal pokok
Deskripsi teoritis ttg variabel yg diteliti (hrs mendalam)
Kesimpulan ttg kajian atr lain berupa argumentasi
Sumber bahan kajian pustaka
Buku teks, makalah, skripsi/TA, jurnal/laporan penelitian (kepustakaan primer/temuan penelitian)
Bahan pustaka harus mutakhir dan prinsip relevansi
>>Metodologi Tugas Akhir
Pokok-pokok bahasannya
Rancangan tugas akhir
Gambar secara blok dan keseluruhan
Rancangan rangkaian tiap blok
Pengujian/pengukuran
Secara blok/rangkaian
Secara rangkaian keseluruhan
Instrumen yang digunakan
Analisis pengujian

Teknik Penulisan Laporan Tugas Akhir:
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Rumusan Masalah
Tujuan TA
Manfaat TA
Asumsi TA
Ruang Lingkup dan Keterbatasan TA
Difinisi Istilah/Operasional
BAB II KAJIAN PUSTAKA
BAB III METODOLOGI

Rancangan tugas akhir
Gambar secara blok dan keseluruhan
Rancangan rangkaian tiap blok
Pengujian/pengukuran
a. Secara blok/rangkaian
b. Secara rangkaian keseluruhan
5. Instrumen yang digunakan
6. Analisis pengujian
BAB IV HASIL DAN ANALISIS
Hasil
Analisis
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Saran
HASILDAN ANALISIS TA
HASIL
Merupaka hasil pengujian dari:
Rangkaian tiap bagian
Rangkaian keseluruhan
Hasil dilaporkan secara statistik deskripsi, yang mengacu kepada tujuan TA
Jika perlu laporkan secara grafik, histogram, nilai rata-rata, dan simpangan baku
Setiap tujuan/sub-variabel dilaporkan secara sendiri-sendiri
Rumus/perhitungan diletakkan di BAB II atau BAB III
ANALISIS
Ada beberapa hal yang perlu ditulis dlm analisis
Menjawab masalah yg dikemukakan dalam TA
Menafsirkan temuan/pengujian
Dlm hal ini, bandingkan hasil pengujian dengan perhitungan teori atau hasil dari tabel yang sudah ada.
Bandingkan juga dengan pengujian/pengukuran pada laporan TA yang sudah ada (jika sama)
Adanya interpretasi dari hasil-hasil pengujian/pengukuran
KESIMPULAN
Harus terkait langsung dengan rumusan masalah dan tujan TA
Dapat juga ditarik dari hasil pengujian dan pembahasan
Kesimpulan merangkum semua hasil TA yang diuraikan secara lengkap pada BAB IV
SARAN
Hendaknya bersumber pada pengujian, analisis, dan kesimpulan
Tidak keluar dari subtansi TA
Bersifat rinci, operasional serta spesifik
Diajukan pada PT, pemerintah, peneliti dll

Jumat, 29 Mei 2009

Dedication my heart

12 mei 2009>>>
dunia memang sudah tidak bisa bersamaku lagi...dunia ku semakin hitam sehitam hatiku..tak dapat ku pikir dan aku terka ternyata jalan yangaku tempuh sudah berubah arah..jauh lebih dalam kedalam kegelapan..apakah bisa aku raih sepercik cahayaku lagi..bisakah hari2ku bisa cerah lagi..kenangan dan kematian tak ada bedanya..inilah hidupku dan kapan aku bisa hargai hiduptahu arti hidup..aku sendiri sebetulnya bingung kenapa aku tak tahu perasaan orang tak tahu gimana rasanya jatuh cinta dengan hatipenuh warna lagi..senyum seakan sudah tak aku raih karena hanya kepedihan hati dan air mata hati yang temeni aku tiap malam tiap haritiap detik aku....aku bingung kenapa karena aku sudah tak mengenal siapa aku..aku tak kenal diriku yang dulu..berubah dengan cepat dan tak bisa aku hindari...dalam hidupku aku sebenarnya mencari kenapa aku dilahirkankenapa aku harus berjuang..kenapa aku harus terus mencari padahal tak ada yang mau mengerti aku..semua orang hanya tahu aku dengan memandang sebelah mata..aku emang sadar diri bahwa aku orang biasaorang rendah orang hina orang penuh dengan luka dan kekurangan,,,tapi kenapa aku sulit mencari arti hidupku..mencari sepercik ketenangan dan kesenangan,,senyum indah dan hangat hati...jujur aku telah kehilangan tongkatku lagi..aku kehilangan pegangan hidupku lagi. sampai kapan ini akan berlanjut...keputusan ku dalam jalani hidupkku selalu salah dan tak benar tahu kebenaranapakah aku sudah buta akan arti hidup dan tahu perasaan orang lain...

TO KekasihQ--->aku tak pernah bermaksud mengganggu kamu...mengusik ketentramanmu...aku hanya ingin bersamamu selamanya..temeni kamu dan bernafas bersamamu...

jika aku dapat mengerti keinginanmu...mungkin aku...tak akan melukai perasaanmu...hanya aku...tak pernah bisa untuk mengelak...hingga aku...tak kuasa menahan amarah...semestinya aku tak mengulang kesalahan yang telah buatmu hilangseharusnya aku tak memulai pertengkaran itu...hingga akhirnya kini kaupun terluka...terluka karena aku..karena aku tak bisa...tak bisa tuk mengerti tak bisa tuk pahami...masihkah ada maaf darimu...kau yang tercinta...ku buat kau terluka..terluka karena aku...masihkah ada maaf darimu...masihkah ada maaf untukku...

aku sebenarnya sangat sayang kamu..sangat cinta kamu...tapi kenapa aku sulit ucapkan tuk bilang cinta ke kamu...kau sudah terlanjur marah..kau sudah terlanjur benci..aku semakin jauh darimu..kenapa ini harus terjadi..cinta tak bisakah memaafkan aku..kamu lah yang terbaik tapi kamu bukan milikku..namun kau selalu dihatiku..biarkan waktu memakan cinta dan usiaku..walau kau tak pernah akan percaya aku..tapi aku percaya kamu akan selalu tahu akan perasaanku..

aku mencoba memperbaiki diri dan selalu berubah akan tapi kenapa selalu dibilang buruk dan tak bisa jadi hal yang bisa buatmu senang..aku cuma bisa bilang maaf aku belum bisa ungkapkan hatiku karena aku tak ingin melukai hatimu lagi...aku harus kuat menahan rasa ini...aku dituntut untuk mengerti orang tapi tak ada orang yang bisa mengerti aku sedikitpun..tak tahu akan kesedihan hatiku..sampai kapan luka hatiku terus terbuka..sampai kapan orang menilai ku buruk dan tak berharga..

rasanya aku pengen teriak dan teriak kenapa tak ada yang mau tahu keadaanku..tapi aku lelaki aku harus tahan banting..cinta tak pernah bisa buatku senang yang ada hanyalah pertengkaran dan permusuhan..itulah cinta yang aku dapat..hanya orang tua dan Alloh SWT yang bisa buat aku tenang dan damai...yang tahu akan hidupku..hitamnya aku...

why???????????????????????????????????????????????????aku harus begini..cuma bisa melihat orang yang cinta semakin jauh dan sulit aku dapatkan karena hanya dia belum bisa pahami dan mengerti aku........

Dedication my heart

29 mei 2009
Perasaanku

hati kenapa hatiku masih merasakan resah dan gelisahsulit aku menenangkan perasaan yang sedang kacau iniaku merasakan rasa takut kalau aku akan terus menyakiti hatiseorang cewek....kenapa aku sulit menghargai perasaan cewek..aku masih belum pahan bagaimana mengerti akan hati orang lain terutama hati cewekaku bener-bener masih ragu dan bimbang kalau aku tidak akan lagi menyakiti hati seorang cewek lagi

sampai kapan hati akan gelisah dan sakit...aku tidak takut akan mati,aku tidak takut akan kemiskinanaku tidak takut akan kesengsaraan akan tetapi yang aku takutkan aku masih menyakiti hati dan perasaan cewek.....

apakah aku akan tetap seperti ini....kenapa aku harus hadapi jalan seperti ini....aku sendiri sebenarnya ingin sekali membahagiakan orang yang aku sayang..apakah aku mampu dan bisa sedangkan jalan yang aku tempuh masih gak karuan...
aku seorang yang kejam yang belum bisa mengerti akan hati orang....yang ada hanya air mata dan kebencian dalam diri orang ke aku....

sangat ku butuhkan kasih sayang yang bisa buat aku nyaman dan tenangbiar aku bisa tahu dan pahami hidup lebih berarti dan berhargaaku bisa kembali aku yang bisa membahagiakan orang yang aku sayang dan cinta

hidup sukses memang dibutuhkan kerja keras dan kenyakinanbisakah aku seperti itu dan bisakah aku menjadi panutanperubahan yang sebenarnya di inginkan kebersamaan yang sebenarnya di impikan kasih dan cinta yang sebenarnya di cari

aku akan takut dengan hidupku karena aku belum bisa pahami perasaan orangaku akan terus memikirkan apakah ada yang bisa bantu aku menemukan hati kecilku hati yang bisa merasakan akan kepedihan orang, tangis orang, amarah orang.....

Pasarehan SYECH AL MAULAYA/MULYO


PASAREHAN AGUNG
SYECH AL MAULAYA/MULYO

Alamat: Gunung Gamping Gumuk Murti Grajagan-Kec. Purwoharjo-Banyuwangi Selatan

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan mengucapkan Puji dan syukur Alhamdulillah Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan kekuatan kepada kita semua sehingga masih dapat mendatangi tempat dan mengecek keberadaan tempat ini. Dengan ini saya bicara kepada seluruh umat islam khususnya warga Nahdliyin dimanapun berada, dengan ini saya menyatakan seyakin-yakinnya bahwa makam ini benar-benar makamnya para auliya’ yang berada di tengah hutan gunung gamping gumuk murti grajagan-Banyuwangi selatan.
Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT yang telah menganugerahkan kepada umat-Nya yang dikehendakinya, khususnya kepada yang menemukan makam Auliya’ tersebut dan segenap pelestari makam. Saya do’a kan mudah-mudahan kalian semua mendapatkan kekuatan (Islam, Iman, dan Ihsan) serta mendapat safa’at dan Ridhonya dari yang maha kuasa.
Saya berpesan kepada seluruh umat islam khususnya warga Nahdliyin dan para Ulama’ dan Umarok tolong lestarikan dan rawatlah keberadaan makam Auliya’ yang tersebut diatas.
Kami yang menyatakan dan menulis atas hasil mufakat dari pelestari makam Pasarehan Agung Syech Al Maulaya/Mulyo.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Penelitian NHT (Numbered Heads Together)

Judul Penelitian:
Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK di SMAN 1 Purwoharjo - Banyuwangi
Bidang Kajian:
1. Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)
2. Keterampilan menggunakan komputer dalam mata pelajaran TIK
3. Aktivitas belajar dan hasil belajar pada bidang komputer dalam mata pelajaran TIK
Rumusan Masalah:
1. Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK?
2. Apakah penggunaan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan TIK bagi siswa?
Tujuan Penelitian:
1. Untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK.
2. Untuk memaparkan hasil keterampilan siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe NHT digunakan dalam kegiatan pembelajaran TIK.
Manfaat Penelitian:
Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Para guru bidang TIK dapat mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK.
2. Keterampilan dalam bidang TIK bagi siswa yang menjadi subjek penelitian ini mengalami peningkatan yang signifikan.
3. Para guru bidang TIK diharapkan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam menyajikan aspek keterampilan komputer.
Materi:
NUMBERED HEADS TOGETHER (KEPALA BERNOMOR)
Langkah-langkah:
1. siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
2. guru memberikan tugas tentang materi TIK dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
3. kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat 4. mengerjakannya atau mengetahui jawabannya.
5. guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
6. tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
7. kesimpulan.

Rabu, 13 Mei 2009

Rabu, 06 Mei 2009

Model Pembelajaran 99 Second


MODEL PEMBELAJARAN 99 DETIK
(Materi dan Media Pembelajaran dalam TIK)

Oleh:
Agus Nuryanto (208533414734)




UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA
Maret 2009



A. Media Pendidikan dalam TIK
Proses pendidikan adalah proses yang kompleks yang terjadi pada setiap orang sepanjang hidupnya, dalam pendidikan terjadi proses belajar yang terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dalam lingkungannya. Seseorang telah belajar bisa dilihat dari adanya perubahan tingkah laku pada diri orang itu yang mungkin di sebabkan oleh terjadinya perubahan pada tingkat pengetahuan, keterampilan, dan sikapnya dalam melakukan interaksi belajar tersebut di pengaruhi oleh lingkungannya yang terdiri dari siswa, guru, kepala sekolah, bahan, dan materi pelajaran yang berupa buku, modul, majalah, dan yang sejenisnya dan berbagai sumber belajar dan fasilitas berupa proyektor, overhead, perekam pita audio radio, komputer dan lain-lain.
Guru yang merupakan faktor yang turut mempengaruhi proses belajar mengajar hendaknya mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media apabila media tersebut belum tersedia. Menurut Hamalik (dalam Azhar Arsyad, 1996:2) menyatakan bahwa guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang media yang meliputi:
a. Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses belajar mengajar.
b. Fungsi media dalam rangka mencapai tujuan pendidikan.
c. Seluk-beluk proses belajar.
d. Hubungan antara metode mengajar dan media pendidikan.
e. Nilai atau manfaat media pendidikan dalam pengajaran.
f. Pemilihan dan penggunaan media pendidikan.
g. Beberapa jenis alat dan teknik media pendidikan.
h. Media pendidikan dalam setiap mata pelajaran.
i. Usaha inovasi dalam media pendidikan.
Jadi seorang guru dalam proses belajar mengajar hendaknya dalam menggunakan media disesuaikan dengan tujuan yang sudah ditetapkan serta mampu menggunakannya dalam pembelajaran dan merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari proses belajar mengajar. Menurut asal katanya, ”media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah yang berarti perantara atau pengantar.
Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan” (Arif S Sadiman, 2003: 6). Secara harfiah kata media memiliki arti “perantara” atau “pengantar”. Associationfor Education and Communication Technology (AECT) mendefinisikan media yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Sedangkan Education Association (NEA) mendefinisikan sebagai benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang digunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar, dapat mempengaruhi efektivitas media instruktional (Asnawir, 2002). Kaitannya dengan pembelajaran media sangat diperlukan oleh pendidik. Karena dengan media Pendidik akan mudah untuk menyampaikan materi dan juga siswa akan lebih mudah untuk menerima materi yang disampaikan. Oleh karena itu tanpa adanya media dalam proses belajar mengajar siswa akan kesulitan dalam menerima materi.
Merujuk pernyataan di atas bahwa media mempunyai kegunaan-kegunaan yaitu sebagai berikut:
1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).
2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera.
3. Dengan menggunakan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik.
4. Dengan sifat yang unik pada tiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru akan banyak mengalami kesulitan bilamana kesulitan itu harus diatasi sendiri (Arif S Sadiman, 2003: 16).


B. Pemilihan Media dan Alat Pengajaran
Media pengajaran diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan atau isi pelajaran, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan siswa, sehingga dapat mendorong proses belajar-mengajar. Berbagai bentuk media dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman belajar ke arah yang konkret. Pengajaran dengan menggunakan media tidak hanya sekedar menggunakan kata-kata (simbol verbal), sehingga dapat kita harapkan diperolehnya hasil pengalaman belajar yang lebih berarti bagi siswa.
Dalam hal ini Gagne dan Briggs (1979) menekankan pentingnya media sebagai alat untuk merangsang proses belajar-mengajar. Pemahaman akan nilai yang dimiliki masing-masing jenis media ini penting, karena dalam proses pendidikan belajar-mengajar, guru harus memilih media yang tepat agar tujuan-tujuan yang diinginkan dapat terwujud dalam diri siswa. Selama proses belajar-mengajar berlangsung akan selalu terjadi interaksi antara guru, siswa, dan media pengajaran yang digunakan.
Dalam hal ini, yang perlu dipikirkan adalah media apa yang perlu dipilih dan digunakan dalam proses belajar-mengajar? Apakah sebaiknya digunakan satu media saja, atau digunakan beberapa media sekaligus? Aneka ragam media pengajaran dapat diklasifikasikan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Brets membuat klasifikasi berdasarkan adanya tiga ciri, yaitu: suara (audio), bentuk atau visual, dan gerak atau motion. Dari uraian yang dikemukakan pada bagian diatas, dapat disimpulkan bahwa berbagai jenis media tersebut pada dasarnya dapat digolongkan dalam tiga kelompok besar, yaitu media cetak, media elektronik, dan obyek nyata atau realita.
Strategi mengajar menurut Muhibbin Syah (2002), didefiniskan sebagai sejumlah langkah yang direkayasa sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu. Strategi mengajar ini mecakup beberapa tahapan, seperti :
1. Strategi perumusan sasaran proses belajar mengajar (PBM), yang berkaitan dengan strategi
yang akan digunakan oleh pengajar dalam menentukan pola ajar untuk mencapai sasaran PBM.
2. Strategi perencanaan proses belajar mengajar, berkaitan dengan langlah-langkah pelaksanaan mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Dalam tahap ini termasuk perencanaan tentang media ajar yang akan digunakan.
3. Strategi pelaksanaan proses balajar mengajar, berhubungan dengan pendekatan sistem pengajaran yang benar-benar sesuai dengan pokok bahasan materi ajar.
Dalam merencanakan pengajaran, disamping menentukan media yang akan digunakan, guru perlu pula menetapkan alat-alat pengajaran yang akan dipakai. Pemilihan alat pengajaran digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar-mengajar. Alat pengajaran dapat dikelompokkan dalam dua jenis alat pelajaran yang bersifat umum, misalnya: papan tulis, kapur, spidol, dan penggaris dan alat pengajaran yang bersifat khusus, misalnya: mikroskop, jangka, dan kuas. Dalam melakukan pemilihan alat pengajaran, terutama alat pengajaran yang bersifat khusus, perlu diperhatikan sejumlah faktor, yaitu: kesesuaian dengan kemampuan yang ingin dikembangkan dalam diri siswa, kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa, dan kemampuan penyediaannya.


C. Model Pembelajaran 99 detik dengan Menggunakan Media Visual
Model pembelajaran 99 detik adalah suatu rancangan pembelajaran yang membantu siswa memproses informasi, dengan cara meminta siswa untuk mengorganisasikan secara singkat informasi ke dalam penyajian dengan waktu tidak lebih dari 99 detik. Dalam belajar-mengajar siswa dituntut untuk melakukan pengorganisasian suatu masalah ke dalam bentuk informasi yang penting dan siswa melakukan suatu presentasi tentang butir penting yang telah disusunnya. Dalam pelaksanaannya, teknik penggunaan dan pemanfaatan media turut memberikan andil yang besar dalam menarik perhatian siswa dalam PBM, karena pada dasarnya media mempunyai dua fungsi utama, yaitu media sebagai alat bantu dan media sebagai sumber belajar bagi siswa.
Dalam model pembelajaran 99 detik, perancangan media yang digunakan dalam belajar-mengajar adalah dengan Media visual, yaitu media yang hanya mengandalkan indra penglihatan dalam wujud visual. Media ini menuntut keterampilan dan perlengkapan tertentu dalam pengadaannya. Pada media visual, objek-objek yang ingin diperlihatkan melalui slide ini dapat ditampilkan dalam warna yang lebih realistik dan orisinil. Disamping itu, perangkat slide ini mudah di revisi dan diadaptasikan, mudah dipergunakan dan disimpan serta mudah disusun kembali bila perlu, dapat dikombinasikan dengan alat lain (misalnya audio-tape) agar lebih efektif, dan dapat disesuaikan dengan kepentingan setiap individu atau kelompok belajar-mengajar.
Media visual ini misalnya menggunakan power point untuk menyampaikan informasi lebih singkat dan jelas cepat dalam penyampaiannya. Salah satu kompetensi proses belajar mengajar bagi seorang pengajar adalah keterampilan mengajak dan membangkitkan siswa berpikir kritis. Kemampuan itu didukung oleh kemampuan pengajar dalam menggunakan media ajar. Media visual power point ini akan bisa mempresentasikan informasi dalam bentuk poin-poin penting yang ada dan membuat jelas informasi yang dikirimkan dan pada penerima akan semakin paham dengan apa yang disampaikan dengan melalui perantara siswa sendiri agar menumbuhkan aktivitas dan kereativitas sehingga terjadi dinamika di dalam proses belajar mengajar.

CV-Qu


Selasa, 05 Mei 2009

Profilku

newspaper>>>